Ulasan Buku Mukjizat Suhu Tubuh


Berapa banyak dari kita yang menyadari perlunya mengatur suhu tubuh untuk menjaga kesehatan? Selama ini rasanya suhu tubuh hanya dianggap sebagai indikator sehat, sifatnya alami, sebagai respon, tidak masuk daftar perlu diatur. Fokus utama pembahasan buku ini : suhu tubuh sebagai titik sentral indikator & kunci kesehatan paling sederhana. Ditulis seorang dokter spesialis anti-aging di Jepang, Eropa, dan USA.


Tahukah Anda? Jika suhu tubuh turun 10 Celsius, daya tahan tubuh turun 30%. Sebaliknya, jika suhu tubuh naik 10 Celsius, daya tahan tubuh naik 500–600%.


Tahukah Anda berapa derajat Celsius suhu normal tubuh Anda? Mengetahui suhu tubuh normal diri sendiri sangat penting artinya dalam mengelola kesehatan.


Belakangan ini semakin banyak orang yang suhu tubuh normalnya di bawah 360 Celsius (hipotermia), padahal hipotermia merupakan kondisi sangat berbahaya yang jika dibiarkan akan mengundang berbagai macam penyakit seperti diabetes, osteoporosis, kanker, Parkinson, demensia (kepikunan), dan berbagai penyakit lainnya.


Lalu bagaimana caranya agar kita tetap sehat? Kuncinya adalah menaikkan suhu tubuh! Ternyata, hanya dengan menaikkan suhu tubuh sebanyak 10 Celsius, daya tahan tubuh akan meningkat 5–6 kali lipat!


Ritme tubuh manusia dibentuk dalam sejarah panjang. Aktivitas manusia dimulai dari membuka mata hingga terpejam saat beristirahat. Selama jutaan tahun, pergerakan manusia menuju peradaban yang dianggapnya lebih maju menimbulkan konsekuensi di sisi lain : kacaunya mekanisme kerja dalam tubuh.


Banyak yang mengira, jika istirahat tercukupi, kehidupan terbalik siang & malam bukan masalah. Jika sehari tadak tidur, penebusan bisa dilakukan dengan membayar tidur seharian di hari lain. Tekanan stres mengintervensi luar biasa. Di sisi lain, resep sehat ideal selalu saja : tidur cukup, makan bergizi, olah raga, dan lain-lain. Bagaimana bisa manusia keluar dari lingkaran setan ini?


Buku yang memiliki jumlah 150 halaman ini akan membicarakan banyak tentang suhu tubuh. Terbagi ke dalam 4 bab utama : Meningkatkan Suhu Tubuh Menyembuhkan Penyakit, Inilah Metode Sehat dengan Meningkatkan Suhu Tubuh. Stres Menyebabkan Suhu Tubuh Rendah, Kebiasaan Sehari-hari yang Ideal untuk Mencegah Suhu Tubuh Rendah.


Melalui Buku Mukjizat Suhu Tubuh ini, Saito membuat uraian detail & panjang. Mulai dari berapa suhu tubuh normal manusia, apa implikasinya jika suhu tubuh menurun satu derajat celcius, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi naik-turunnya suhu tubuh, bagaimana mekanisme gangguan mengintervensi kinerja organ tubuh, apa saja yang terpengaruh, bagaimana membuat rujukan sehat untuk meningkatkan suhu tubuh, dan memberikan rekomendasi kebiasaan ideal untuk mencegah suhu tubuh rendah. Semua hal ini, bisa mengarah pada penyimpulan besar : kunci anti-aging, yang mempertahankan kebeliaan tubuh. Singkatnya, cara agar bisa ((menikmati)) hidup lebih lama.


Buku Mukjizat Suhu Tubuh ini mengandung istilah-istilah medis, seperti nama-nama jenis hormon, enzim, syaraf, dan lain-lain yang dijelaskan rinci keterkaitannya satu sama lain. Banyak pengetahuan baru yang bisa didapat untuk -setidaknya- mengenali proses kerja tubuhnya sendiri. Tak cukup mudah diingat meski berusaha dijelaskan dengan bahasa awam. Kiranya 'mind mapping' bisa membantu.


Lantas, mau dibawa ke mana kesimpulan buku ini? Apa masih harus olah raga? Sampai ke ujung, jawabannya : Iya. Hmm..ini mungkin tidak jadi konklusi menarik untuk kaum rebahan.


Kutipan buku Mukjizat Suhu Tubuh





Spesifikasi buku:

Jumlah Halaman: 172 hlm

Tanggal Terbit: 13 Jan 2020

ISBN: 9789792292244

Bahasa: Indonesia

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Berat: 0.28 kg

Lebar: 15.0 cm

Panjang: 21.0 cm


Diolah dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "Ulasan Buku Mukjizat Suhu Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel